Manshubatul Asma Isim Isim Yang

Manshubatul Asma Isim Isim Yang. Perubahan kata dalam bahasa arab terbagi menjadi empat. Empat macam i’rab ini didasari oleh 4 harakat dalam bahasa arab, yaitu dhammah, fathah, kasrah, dan sukun.

Fadhilah Asma' Birhatiyyah خوطير Pena Santri
Fadhilah Asma' Birhatiyyah خوطير Pena Santri from www.penasantri.com

Maf’ul adalah isim yang menujukkan sesuatu yang menjadi tujuan atau korban dari suatu perbuatan. Perubahan kata dalam bahasa arab terbagi menjadi empat. Isim yang termasuk marfu’atul asma ada 7 yaitu:

Isim Maful Yang Tidak Disebut Fail Mubtada Khobar Mubtada Isim Kana Wa Akhowatuha Khobar Inna Wa Akhowatuha Dan Lafadz Yang Mengikuti Pada Isim Yang Dibaca Rofa Seperti Naat Athof Taukid.

Isim majrur adalah isim yang dijarkan atau berirab khafadh. “dharaf zaman adalah isim zaman yang beri’rab manshub yang mengandung arti (di)”. Ada 13 isim yang bisa dimasuki i’rob nashob yang disebut dengan manshubatul asma’.

Isim Isim Yang Dii’rab Manshub Yaitu.

Manshubatul asma dalam ilmu nahwu bahasa arab ada 15, yaitu; Fa’il adalah kata yang menunjukkan pelaku atau sebagai subjek. مَرْفُوْعَةٌ merupakan bentuk isim maf’ul, yang artinya “yang dibaca rofa” sedangkan kata al asma (اَلْأَسْمَاءِ) adalah bentuk jamak taksir dari al ismu (الاسم) yang berarti kalimah isim.

Isim Menjadi Tanda Nashab Pada Kata Yang Berbentuk Isim Mufrad, Jama’ Taksir, Dan Fi’il Mudhari’.

J arr ( الجر ) juga sering disebut dengan khaf a d h ( الخفض ), yang mana kata jarr merupakan istilah yang dipakai oleh para ulama nahwu dari kalangan basriyyin atau ulama nahwu dari daerah bashrah. Bab marfuatul asma / isim isim yang dibaca rofa' kitab jurumiyah beserta bagannya diposting oleh muhammad reza. Maka, jelas sekali, yang dimaksud maf’ul bih menurut arti istilah ialah isim manshub dimana posisinya menjadi sasaran tindakan si pelaku.

Dalam Kaidah Bahasa Arab, Fa’il Harus Berada Setelah Fi’il.

Perubahan kata dalam bahasa arab terbagi menjadi empat. Maf’ul bih,masdar,dzaraf zaman,dzaraf makan,hal,tamyiz, mustasyna,isimnya laa,munada,maf’ul min ajlih,maf’ul ma’ah,khobarnya kaana dan saudara saudaranya,isimnya inna dan saudara saudaranya,dan tabi’ lilmanshub (lafadz yang mengikuti pada lafadz yang dinashobkan),. Yang dibaca rofa’ al asma:

Maf’ul Fih Adalah Isim Yang Menunjukkan Tempat Atau Waktu Serta Tidak Didahului Oleh Huruf Jar.

Empat macam i’rab ini didasari oleh 4 harakat dalam bahasa arab, yaitu dhammah, fathah, kasrah, dan sukun. Maf’ul adalah isim yang menujukkan sesuatu yang menjadi tujuan atau korban dari suatu perbuatan. Isim isim yang dinashabkan (dibaca nashab) itu ada 15 (lima belas) macam yaitu :

Leave a Comment

Your email address will not be published.