Dongeng Sangkuriang Bahasa Sunda

Dongeng Sangkuriang Bahasa Sunda. Karena amarah itu kemudian sangkuriang menancapkan tombak runcing hingga matilah anjing itu. Berikut ini dongeng sangkuriang dalam bahasa sunda.

Dongeng Sangkuriang Dalam Bahasa Sunda Perangkat Sekolah
Dongeng Sangkuriang Dalam Bahasa Sunda Perangkat Sekolah from perangkatsekolah.net

Sangkuriang marentahkeun si tumang kanggo ngudag kijang eta aheng pisan, si tumang anu biasana penurut sabot eta henteu nurutkeun parentah na. Sangkuriang marah, lalu memanah si tumang, sehingga anjing itu mati. Yang membedakannya hanya penggunaan bahasanya.

Kacaritakeun Di Kayangan Aya Sapasang Déwa Jeung Déwi Anu Nyieun Kasalahan.

Jenis dongeng dalam bahasa sunda itu banyak sekali rupanya diantaranya ada fabel, parabel, legenda, mite, sage, pamuk dan dongeng pieunteungeun. Sangkuriang hifup di hutan denganibunya dayang sumbi karena diusir dari kera. Tuluy sang hyang tunggal ngahukuman ka éta déwa déwi ku cara diturunkeun ka alam dunya kalawan wujud sato.

Dari Sekian Banyak Dongeng Di Tatar Sunda, Ada Beberapa Dongeng Yang Disajikan Dalam Bentuk Drama Atau Teater, Bahkan Ada Yang Dibuat Film, Misalnya Dongeng “Sangkuriang” Dan Si Kabayan “ Contoh Dongeng Lain Misalnya Terdapat Dalam Buku Tales Of Sasakala (Ki Umbara, 2006).

Karena amarah itu kemudian sangkuriang menancapkan tombak runcing hingga matilah anjing itu. Sungging perbangkara, cariang, babi hutan si wayungyang, dayang sumbi atau rarasati, anjing si tumang, sangkuriang, taropong (torak), wetan (timur), kulon (barat), citarum, sanghyang tikoro, guriang, gunung putri, gunung. Legenda tersebut berkisah tentang terciptanya danau bandung, gunung tangkuban parahu, gunung burangrang, dan gunung bukit tunggul.

Kepala Sangkuriang Diikat Dengan Dada Sampai Berdarah.

Dongeng bahasa sunda si kabayan ngala nagka. Sangkuriang melamarnya, dayang sumbi pun menerima dengan senang hati. Dongeng sunda sangkuriangcerita rakyat legenda sangkuriang,dongeng bahasa sunda;

Setelah Mengkaji Legenda Sangkuriang Didapatkan Nama Dan Tempat Serta Aspek Lainnya Yang Terdapat Dalam Legenda Tersebut Ialah;

Sangkuriang pun berangkat ke hutan ditemani si tumang. Karena sangkuriang sudah membunuh ayah kandungnya sendiri. Bahasmateri dongeng bahasa sunda smp kelas 7a ini tidak asing bagi dayang sumbi, bahwa sangkuriang banyak membunuh si tumang, bukan menahan amarah dayang sumbi.

Sangkuriang Marah, Lalu Memanah Si Tumang, Sehingga Anjing Itu Mati.

Komentar di situs ini sengaja dinonaktifkan. Hati yang kita makan itu adalah hati si tumang.’’ jawabnya dengan gelisah. Sehari sebelum hari pernikahan, saat sedang mengelus rambut tunangannya, dayang sumbi melihat bekas luka yang lebar di dahi sangkuriang, akhirnya dia menyadari bahwa dia hampir menikahi putranya sendiri.

Leave a Comment

Your email address will not be published.